Selamat Datang Di WebBlog SMP Negeri 1 Sindangwangi , Alamat Jalan Desa Sindangwangi Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka . Telp (0233)510571 . Email smpn1sindangwangi@yahoo.com . Sekolah SMP Negeri 1 Sindangwangi
« »
Get this widget

Langkah Efektif Jalin Komunikasi di Sekolah

Berikut ini merupakan langkah efektif untuk menjalin komunikasi di sekolah, salah satunya adalah kesediaan orangtua berkomunikasi dengan pihak sekolah tempat anak-anak mereka menuntut ilmu. Berikut ada tiga langkah yang bisa dimanfaatkan para orangtua menjalin komunikasi dengan sekolah.

Kapan kita harus berbicara dengan guru sekolah anak kita?

1. Seawal dan sesering mungkin. Cobalah membuka hubungan dengan guru sekolah sejak awal tahun ajaran. Selami apa yang akan dijalani anak-anak Anda di sekolah dan tunjukan ketertarikan Anda.
2. Biarkan guru mengetahui lebih banyak tentang anak Anda. Jika anak Anda memiliki kebutuhan khusus, pastikan bahwa ini diketahui oleh guru mereka sejak awal.
3. Bila Anda mendapati ada perubahan besar pada perilaku dan sikap anak Anda, sebaiknya Anda kontak guru mereka secepatnya.
4. Guru biasanya akan menyampaikan pada Anda berbagai masalah yang dihadapi anak Anda di sekolah menjelang kenaikan kelas. Informasi ini sangat penting bagi orangtua agar bisa membantu anak-anak mereka memecahkan masalah mereka di sekolah.
5. Ingatlah, orangtua dan guru bekerja bersama untuk membantu anak-anak yang ingin belajar dan menolong mereka membangun kepercayaan diri dan disiplin.
“Sukses anak di sekolah juga tergantung bagaimana orangtua berperan aktif dalam membantu mereka mencapai tujuan itu”

Bagaimana bisa mengambil banyak manfaat dari pertemuan antara orangtua-guru?

1. Cobalah mempersiapkan diri untuk mendengarkan sebaik mungkin seperti halnya bila Anda akan bicara. Akan sangat membantu bila Anda mau mencatat semua hal yang akan Anda sampaikan kepada guru atau dengar dari guru.
2. Pastikan Anda membawa buku catatan saat hadir dalam pertemuan dengan guru dan mintalah pen-jelasan berbagai hal yang tidak Anda pahami.
3. Dalam pertemuan, biasanya guru akan memberikan penjelasan rinci menyangkut anak berbagai hal yang dikerjakan anak Anda di sekolah dan perkem-bangannya. Jika anak Anda akan memasuki saat ujian untuk kenaikan kelas, tanyakan pada guru mereka bagaimana sebaiknya anak Anda mempersiapkan diri agar bisa melewati ujian itu. Tanyakan pula bagaimana caranya mengevaluasi kemampuan belajar anak Anda di sekolah.
4. Diskusikan bakat anak Anda, ketrampilan, hobi, kebiasaan belajar, dan berbagai hal khusus yang ada pada dirinya, seperti sulit bicara (gagap), kege-mukan dan sebagainya.
5. Sampaikan pada guru, bila anak Anda memerlukan pertolongan khusus. Sampaikan pula pada guru mengenai situasi khusus di rumah yang berkaitan dengan anak Anda. Ini penting disampaikan pada guru, agar mereka bisa membantu anak Anda belajar di sekolah secara tepat.
6. Tanyakan cara-cara yang lebih spesifik bagaimana bisa membantu anak Anda belajar di rumah